Jumat, 13 Januari 2012

Jogja Punya Cerita part 1

Malem ini itu, sama kayak malam - malam yang kemaren - kemaren. Kagak bisa tidur. Padahal ga minum kopi lho. Masa cuma minum Air mineral doank, menimbulkan efek Kafein? emang mineral yang terkandung di dalam air mineral itu ada kafeinnya? yang jadi pertanyaan, emang kafein itu mineral? nah lho.... yah, baidewei eniwei baswei, mau cerita ini. cerita soal Jogja. 

Jadi, sedikit sejarah, geografi, dan bapak ibunya, Jogjakarta itu adalah ibu kota dari Profinsi Daerah Istimewa Jogjakarta. kenapa disebut daerah Istimewa? Cari noh di google... ahahahha :D Ribet dah klo mau diceritain disini panjang lebar. Pokoknya posisinya itu di Peta :

Nah, waktu itu masih minggu kuliah, tapi karena udh pada nekat kepengen liburan, akhirnya 12 orang Mahasiswa Teknik Kimia FTI - ITS yaitu :
1. Fikriyan Amirillah (saya sendiri)
2. Faundri Gaung Rizki (Gaung)
3. Alexander Oktavianus Sitohang (Alex)
4. Dany Pratama Putra (Dany)
5. I Gede Karna Bratha (Karna)
6. Abraham Arief (Abe)
7. M. Fickar Baihaqi (Fikar)
8. Akbar suswandi (Akbar)
9. Made Maryasa Robed (Robed)
10. Yusuf Seto Pradana (Ucup)
11. Dimas Ardyanta (Aming)
12. R. Langgeng Wira (Langgeng)

Nekat berangkat naek kereta ekonomi jurusan Surabaya (gubeng) - Jogjakarta (lempuyengan). Kira - kira jam 1 cabut dari kampus lah, padahal waktu itu saya ada kuliah Matekkim kalo g salah, tapi ya karena anak - anak udah nekat pada cabut, yawudah ikutan aja dah. hahahha :D

Lumayan klo naik kereta ekonomi, murah ga nyampe 20 ribu rupiah. tapi perjuangannya itu rek, super duper penuh keringet, bukan karena kerja  keras, tapi karna sumuk a.k.a Panas pol -polan. palagi keretanye berangkat jam 2 Siang. buset, itu mah di surabaya masih panas membara cuacanya. Tapi apapun rintangannya, klo yang namanya laki - laki, semua dilewatin lah. Mumpung masih muda. hahahha :D

Nyampenya kira - kira jam 9an malem waktu Jogja dan sekitarnya. Abis turun dari kereta, langsung yang paling pertama dituju tidak lain dan tidak bukan, MALIOBORO......
alih - alih dapet seneng, eh malah dapet sepet. Ternyata itu, Malioboro dan tempat - tempat perbelanjaan yang lain klo jam 9 malem itu udah kudu bersih - bersih alias tutup. Jadi ya dengan berat hati malam itu kami berembuk di tengah jalan Malioboro (ya g ditengah juga kali fik, ketabrak donk).. ya pokoknya kita rapat lah buat nyebar di sekitar situ nyari penginapan yang bisa nampung buat 12 orang dan absolutely MURAH!!!

foto diatas itu sebenernya saya dapet tugas berdua sama Abe buat nyari disekitar stasiun Tugu. tapi ya sempet - sempetin lah foto dulu. Nampang dikit kan ga ap toh. hehe :D

Akhirnya setelah pencarian yang panjang, kita kembali bertemu lagi di depan CK Malioboro dan ternyata mendapatkan solusi buat tempat nginep malam itu. Aseeekkk akhirnya bisa meluruskan kaki juga yang gempor jalan dari stasiun Lempuyengan ampe Malioboro. eeeh, tapi, setelah kita ber 12 nyamperin TKP, ternyta oh ternyata, itu adalah hotel mesum. Gimana ga mesum coba, masa isinya kamar cuman tempat tidur ama kaca doank? ckckck... ternyata waktu kita periksa gang / nama jalannya yaitu "PASAR KEMBANG". atau yang lebih gaholnya disebut Sarkem. ZzZzzz -_-" Beneran ternyata kita salah nyari tempat penginapan.

Dengan kegalauan yang amat sangat karena gatau harus nginep dimana, akhirnya kita ber 12 sepakat buat tidur terpisah di 2 tempat. Tapi di dua tempat ini ada konsekuensinya. ada enak dan ga enaknya. Yang pertama MASJID. Yah, klo Backpackeran sih emang paling cocok klo tidur di Mesjid. selain gratis, klo mau mandi juga ga ribet. Tapi konsekuensinya jam 4 kudu bangun, soalnya kan pasti rame orang pada subuhan. mana kita waktu itu baru mau misah jam 12an, masa kita tidur cuma 4 jam doank?? apalagi si Alex, Karna, dan Robed jg non-muslim, jadi pasti mereka juga sungkan lah buat tidur di Mesjid. Tempat yang Kedua, ATM. ahahha :D enaknya di Tempat ATM, so pasti adem lah. Pasti setiap tempat ATM dilengkapi fasilitas AC lah. tapi, ya klo ada orang yang mau ngambil duit jam 2 pagi, ya kudu keluar dulu, kan ga enak klo tidur setengah - setengah. Apalagi klo ternyata ACnya adem bgt, mau pipis dimana emang??


Namun,  tiba – tiba si Aming yang kebetulan malam itu punya ide cemerlang, bilang kalo tadi kan kita ketemu rangga (temennya Aming anak Planologi ITS). “Kenapa ga kita coba hubungin dia aja??”, ujar Aming. Langsung anak yang lain menyetujui usulnya Aming. Jadi tadi itu waktu di kereta kebetulan ketemu ama Rangga yang sebenernya nama panggilannya ucup juga, tapi daripada bingung mana Ucup 1 dan Ucup 2, ya lebih baik dipanggil Rangga aj deh. Nah, dia itu juga lagi ke Jogja naik kereta Ekonomi yang sama ama kita karena katanya ga dapet yang eksekutif, dan juga dia buru – buru karena ada keluarganya yang meninggal di Jogja. 

Sesaat kemudian Aming menelpon Rangga. Dan sepertinya dari percakapan dan raut wajah Aming,  si Rangga welcome aja ditumpangin 12 orang gelandangan anak Tekkim. Kebetulan kita semua sih udh akrab ama si Rangga ini karena sering main ke kontrakan anak – anak. Dan langsung kita naik becak buat menuju alamatnya si Rangga itu. Entah kenapa perasaan kita rada bingung  waktu ngelewatin komplek perumahan yang alamatnya di kasih ama Rangga. Ternyata si Rangga itu merupakan salah satu keluarga Keraton Jogja. Tapi gatau sih turunan keberapa. Pokoknya dia itu sama bapaknya Rangga, di kasih 1 rumah yg lumayan gede buat ditinggalin kalo lagi di Jogja. Yah Alhamdulillah bgt buat kita ber 12 yang emang dari awal ga kepikiran buat tidur dimana. 

Sesampainya di rumah Rangga, anak – anak langsung pada ngantri kamar mandi. Pada udah gerah berjam – jam di kereta tadi. Hahaha :D Setelah itu semua Istirahat dikamar yang udh disediain ama Rangga.

Keesokan harinya, kita bangun dan langsung pada ngantri mandi lagi. Eh, ternyata si Rangga udh beliin sarapan buat kita – kita. Ya ALLAH, baik bener dah ni anak, pahalanya banyak ye masuk surga ntar. Amiin. Yawud abis gitu, sambil sarapan, cerita – cerita sama si Rangga. Dan kira – kira agak siangan dikit, kita berangkat muter – muter jogja naik becak. Kita nyewa 6 becak dengan formasi tiap becak 2 orang. Kira – kira beginilah penggambarannya : 

Tujuan pertama, So pasti Malioboro....

Abis gitu kita mau ke Benteng Veedebrugh, tapi karena hari itu lagi tutup karena suatu hal, yawudah akhirnya kita foto – foto doank di depan sono. Abis gitu maem di pinggir jalan yang kebetulan bnyk yang jualan, ada sate, bakso dll.






Terus, kita memutuskan untuk mengejar Sunset di Prambanan. Akhirnya kita naik Trans Jogja dari Halte yang ada di dkt Benteng situ. Dengan modal nanya – nanya sama orang, yawudah kita sampai juga di Halte terakhir deket  Prambanan. Yah tapi klo dari situ mau ke Prambanan, kudu jalan agak jauh dikit 

Akhirnya kita nyampe di halte terakhir trans Jogja yg deket ama prambanan. dan lagi - lagi sebagai Bagpacker yang baik, kita jalan menuju pintu masuk Prambanan.









Oke, setelah membayar kira - kira Rp 17.500 tiap orang. yah lumayan mahal sih klo buat mahasiswa macam kita, hahaha... Tapi karena udah jauh - jauh dari surabaya, ga apa lah. Lagian juga emang udah niatan mau ngejar sunset disini... Kapan lagi soalnya bisa ngumpul ber 12 barengan, bagpackeran. Karena waktu nyampe sana kira - kira masih ashar, kita ya keliling - keliling dulu foto kesana kemari sebelum menuju acara puncak buat foto sunset.






 Kakak beradik yang dipertemukan tuhan :D


 Orang paling sangar se-Tekkim juga kalo udah foto ya gini :)



 Mumpung ketemu bule :D

 Aduh, ini kenapa fotonya Indra L. Brugman ikut ke Upload yak???

Itu baru foto di depan - depannya doank sih. Kalo foto yang udah disekitaran Prambanannya kira - kira begini......


















Fikipikiviki :)

2 komentar:

Pengikut