Rabu, 13 Juli 2011

Hari ke 3 KP di Pertamina RU V Balikpapan

oke, assalamualaikum wr wb....
salam sejahtera untuk kita semua...
hari ini tanggal 13 Juli 2011 jam 6.45 sore di jam saya...
dan ini adalah hari ketiga saya KP bersama kontingen balikpapan yaitu :
1. Dany Pratama Putra
2. Alfariesta Gusti Gilang
3. Ayu Ratna Sari
4. Putu Riani Pradnyandari
5. Masita Fardini A. aka Tituuut

keliling HSC, dan jg HCC...
HSC adalah kepanjangan dari Hidro Skimming Complex...
ini adalah sebuah bagian yang mengurusi tentang :
1. CDU IV (plant 1)
     adalah unit distillasi secara atmospheric dengan berdasarkan perbedaan titik didih secara fisis dengan kapasitas 200 MBSD yang menghasilakn LPG, Naphta, Kerosene, LGO, HGO, dan Long Residue. Desain awal unit ini adalah 40 % bekapai dan 60 % Handil. namun seiring berjalannya waktu, karena terjadi penurunan dari eksplorasi dan juga menipisnya cadangan crude handil dan bekapai, maka sekarang crude yang digunakan sebagai umpan adalah dari bermacam2 daerah, namun tetap dgn spesifikasi yang mendekati desain alat awal.

2. NHT : Naphta Hydrotreater Unit (plant 4)
    adalah unit yang digunakan untuk mengurangi komponen sulphur, oksigen, nitrogen, dan senyawa logam serta menghidrogenasi senyawa olefin yang terkandung dalam heavy naphta dari CDU IV dan HCU (will describe soon) sehingga menjadi produk sweet naphta sehingga dapat dikgunakan menjadi umpan untuk platforming. 

3. Platforming Unit (plant 5)
    adalah unit yg dirancang untuk membentuk molekul hidrokarbon tertentu yang dapat digunakan untuk bahan bakar mesin secara katalitik dalam rentang titik didih naphta  daan menghasilkan komponen bahan bakar yang memiliki nilai oktan tinggi.

4. LPG Recovery Unit (Plant 6)
    adalah unit yang memisahkan LPG campuran dari distilasi crude di CDU IV dan CDU V (will describe soon, too).

5. Sour Water Stripping out (Plant 7)
     adalah unit yang menghilangkan hidrogen sulfida (H2S) serta amoniak (NH3) dari air buangan (sour water) unit CDU IV, HVU II, HC Unibion Unit, naphta Hydrotreater dan LPG recovery Unit.
 

6. LPG treater unit (Plant 9)
    adalah unit yang bertujuan menghilangkan kandungan sulphur yang berlebihan pada LPG yang berasal dari LPG recovery Unit.

untuk HCC (Hydrocarcking Complex) meliputi :
1. High Vacuum Unit (plant 2)
    adalah unit yang memfraksinasi long residu secara vakum agar feed yang masuk memiliki titik didih yang lebih rendah. hasil dari unit ini adalah LVGO, HVGO, serta short residu.

2. Hydrocracking Unit (HCU)
    adalah unit yang mengcrack hydrocarbon yang berat, yang mengolah HVGO dari HVU II, HVU III, serta POD dari HVU III dengan bantuan katalis serta injeksi H2 yang disuplai dari hidrogen plant sehingga menjadi produk LPG, Naphta, kerosene, avtur, dan diesel.

3. Hydrogen Plant
    adalah unit yang mengolah gas alam untuk dijadikan hidrogen  untuk kebutuhan Hydrocracking unit.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut